Let's Talk

Kecil tapi bikin bahagia, itu namanya Kebahagiaan Kecil

Setelah disibukkan dengan kerjaan selama beberapa minggu dan gak sempat nengokin blog, akhirnya saya bisa istirahat sejenak dan ngetik-ngetik lucu di blog ini! Yeay!

Belakangan ini saya menemukan sebuah acara TV Korea yang konsep acaranya cukup menarik. Konsep acara TV itu seperti eksperimen terhadap dua orang (sebutannya Subyek A dan Subyek B) yang biasa hidup di tengah-tengah hiruk pikuk kota besar, untuk tinggal menyendiri di sebuah pondok kecil di hutan. Gak cuma sekadar makan-tidur di pondok kecil itu, para Subyek akan diberikan misi-misi sederhana. Tujuan dari eksperimen ini adalah untuk membuktikan apakah seseorang bisa hidup lebih bahagia jika hidup dengan cara yang lebih selow dan minimalis. Bisa dibilang acara ini termasuk acara dokumenter yah, karena isinya memang kehidupan mereka selama tinggal di kabin itu: dari bangun tidur sampai tidur lagi. Buat yang penasaran, nama acaranya adalah Little Cabin in the Woods. Oh yah, btw btw… yang jadi subyek eksperimen adalah Park Shin Hye dan abang So Ji Sub lhoo! Salah satu alasan saya lumayan ngikutin acara ini adalah gara-gara ada abang So Ji Sub! Hahaha. Jarang-jarang tahu lihat dia di TV selain drama! (Boook! Abang satu ini orangnya dieeem bangeet! Ngomongnya irit rit rit macem pengeluaran saya kalau lagi bokek!)

Gambar terkait
Ini lho yang namanya abang So Ji Sub sama Park Shin Hye (buat yang gak tahu aja nih…)

Seperti yang saya bilang tadi, kedua Subyek diberi misi-misi sederhana selama tinggal di kabin tersebut. Misalnya mereka diberi misi untuk penghematan air. Alasannya karena menurut riset, manusia itu secara tidak sadar boros banget pakai airnya. Jadi kedua Subyek diminta untuk memakai air dengan jumlah terbatas, cuma satu jeriken kecil untuk masak-cuci piring dan satu jeriken kecil untuk cuci muka-sikat gigi dan sejenisnya (mandi gak dihitung). Ada lagi misi untuk fokus melakukan hanya satu hal saja dalam satu waktu, bukan dengan multitasking. Contoh: masak sambil dengerin lagu, baca buku sambil dengerin lagu dan lain-lain. Alasannya karena menurut riset, orang zaman sekarang itu susah fokus pada satu hal karena terbiasa multitasking.

*uhuk* Saya ngetik sambil dengerin lagu, sambil main hape, sambil ngupil… multitasking sekali *uhuk*

Dari semua misi yang diberikan, ada satu misi yang menarik perhatian saya. Misinya adalah bikin daftar tentang hal-hal kecil yang bikin bahagia, mereka nyebutnya ‘Kebahagiaan Kecil’. Hal-hal kecil yang dikategorikan sebagai Kebahagiaan Kecil adalah hal-hal yang (bisa jadi) kita lakukan setiap hari dan tanpa sadar hal-hal itu bikin kita bahagia. Contoh: main bareng hewan peliharaan. Alasan misi ini diberikan adalah karena manusia cenderung mengabaikan hal-hal kecil yang bikin bahagia dan mengejar kebahagiaan yang besar saja. Menang tender sekian miliar, beli mobil keluaran terbaru, atau makan steak mahal, misalnya. Kalau belum melakukan itu semua berarti belum bahagia. Kebanyakan, orang yang hanya menghitung kebahagiaan yang besar cenderung kurang bahagia dan mudah tertekan atau stress. Hayo lhoo siapa yang kayak begini?

Duh! Saya merasa tertohok! Hahaha.

Jujur nih, saya pernah mengalami fase-fase seperti itu. Cuma mengejar kebahagiaan besar yang kebesaran dan gak bisa dicapai dalam waktu singkat. Scrolling-scrolling medsos malah memperkeruh keadaan. Liat unggahan Si A baru beli mobil, Si B fine dining di sebuah restoran bintang lima bareng pacar, Si C tunangan dan mengadakan resepsi pernikahan dengan mewah. “Oh, betapa bahagianya hidup mereka sementara saya susah mulu gak bahagia-bahagia!” keluh saya beberapa tahun lalu. Untungnya saya cepet sadar, kalau enggak, mungkin saya sudah gila. Saya mulai mensyukuri semua hal-hal kecil yang bikin saya bahagia.

Nah, terinspirasi dari misi acara TV tersebut, saya mau bikin daftar Kebahagiaan Kecil saya! (Kali aja ada yang kepingin tahu hehehe).

  1. Makan Indomie goreng pakai telor setengah mateng plus nasi setengah centong. Atau makan Indomie rasa Soto pakai rawit tiga biji, sayur, dan telor plus nasi setengah centong. (Makan mie pakai nasi itu wajib hukumnya guys! wkwk).
  2. Makan Ma Ling (sejenis kornet babi gitu) goreng, pakai nasi anget dikasih taburan nori dan minyak wijen. *elap iler dulu*
  3. Sendirian di rumah.
  4. Kucing mau diajak cuddling di sofa sambil nonton TV. (PS: kucing saya itu jual mahal semua, kalau lagi mood aja mau diuyel-uyel).
  5. Ujan dan dengerin lagu-lagu mellow.
  6. Baring-baring manja di atas kasur yang spreinya baru aja diganti.
  7. Baring-baring manja di atas selimut yang baru diangkat dari jemuran, yang masih anget itu…
  8. Lagu kesukaan diputar saat shuffle playlist.
  9. Baca buku bagus. Buku yang bagus bisa naikin mood saya selama beberapa hari lho.
  10. Ngelihat orang lain ketawa gara-gara lelucon saya.
  11. Denger ucapan terima kasih dari orang lain yang baru aja saya bantu, padahal saya cuma bantu nunjukin jalan atau apalah yang sepele.
  12. Masak sendiri dan hasilnya ternyata enak!
  13. Makan makanan yang manis-manis saat bad mood atau PMS.
  14. Detik-detik setelah melepas bra. Finally free! HAHAHA.
  15. Bau buku yang baru dibeli.
  16. Ngelihat tanaman hijau-hijau (bukit, pegunungan, taman) atau sesuatu yang biru-biru (langit yang cerah atau laut yang airnya biru).
  17. Nemu duit di kantong celana yang baru dicuci. Hahaha. Sering banget ini!
  18. Ketawa ngakak bareng keluarga saat nonton Waktu Indonesia Bercanda. Hahaha. *fans Cak Lontong*

Hmmm… kayaknya untuk sementara, itu dulu Kebahagiaan Kecil yang terpikir. Lumayan laah… Ternyata banyak hal kecil yang bikin saya bahagia tiap hari. Tahu gak kalian, abang So Ji Sub mikirnya lamaaaaaaa bener buat menyelesaikan misi ini. Kalau gak salah ingat, dia sepertinya gak bisa menyebutkan Kebahagiaan Kecil versinya sama sekali. Dia bahkan bilang kalau itu adalah misi yang paling susah sejauh itu. Sementara itu, Park Shin Hye bisa menyebutkan beberapa. Mungkin abang So Ji Sub terlalu fokus dengan hal-hal besar sampai lupa hal-hal kecil yang dia temui tiap hari dan bikin bahagia. Mungkin abang So Ji Sub perlu ketemu saya dulu baru bisa bahagia #halu.

Bagaimana dengan kalian? Apa kalian seperti So Ji Sub yang kalau ditanya soal Kebahagiaan Kecil malah bingung? Atau kalian malah punya buanyaak banget Kebahagian Kecil? Silakan kalau yang mau berbagi Kebahagian Kecil kalian di kolom komentar atau kalian bisa bikin tulisan sendiri di blog dan share link-nya di kolom komentar! Nanti saya akan main-main ke blog kalian 😀

 

 

 

Iklan

3 tanggapan untuk “Kecil tapi bikin bahagia, itu namanya Kebahagiaan Kecil

  1. yang ini belum nonton mel..masih fokus ke kwartet lee seunggi::D btw kebahagian kecil itu nemu duit di kantong baju suami wkwkw, anak2 tidur cepet trus emaknya bs ngeblog atau online bebasss..kdg gitu aja happy bgt

    Suka

    1. Kwartet lee seung gi ini yang mereka nginep di rumah orang trs ngikuti kegiatan yg punya rumah kah Mbak?
      Iyaa bisa sendirian gak diganggu sama nemu duit di kantong baju itu bahagia banget hahaa

      Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s