Let's Talk

Hati-hati sama Hode

Hode. Ada yang pernah denger kata ‘Hode’? Biasanya sih yang doyan main online game sudah pasti sering denger kata ini.

Saya pribadi dengar kata ‘hode’ untuk pertama kalinya saat saya SMA. Waktu itu saya sedang tergila-gila main online game Ayo Dance. Yoih! Saya dulu anak Ayo Dance. Hehehe. Saya dengar kata ‘hode’ ini ketika sedang main Ayo Dance bareng di room yang sama dengan teman-teman asrama saya. Lalu ada orang lain yang ikutan gabung. Setelah main bareng, orang itu ngatain temen saya begini:

“Jago banget lu mainnya. Hode yah?”

Habis ngomong begitu terus kabur dong yaah tuh orang. Saya yang gak ngerti artinya mah santai aja. Sepulangnya main, saya baru tanya ke mereka tentang hode-hode tadi itu. Ternyata, ‘hode’ itu sebutan untuk orang yang pakai karakter game yang jenis kelaminnya beda dengan jenis kelamin orang itu di dunia nyata. Cowok main karakter cewek, begitu juga sebaliknya.

Terus kenapa teman saya dikatain hode? Karena dia emang jago banget mainnya! Sementara itu, kebanyakan orang punya persepsi kalau orang yang jago main game online itu cuma cowok doang. Cewek mah main masak-masakan sama princess-princessan doang, bukan main game online! Jadi, kalau ada ketemu karakter cewek yang jago banget di game, pasti dituduh hode. Padahal teman saya cewek beneran. Cih! Dasar cowok-cowok insecure! Bilang aja malu kalau kalah dari cewek!

Emang cowok doang yang bisa jago main game online!

Fenomena hode ini gak terbatas di dalam dunia game aja, tapi juga banyak di media sosial. Belakangan lagi booming di Twitter, cerita cewek yang pacaran sama hode dan akhirnya terbongkar setelah hampir 2 tahun pacaran. Kalau kalian main Twitter, pasti lah pernah tahu tentang Adora-Hilman-Alina yang belakangan lagi heboh itu. Booook… Chat, telponan, video call-an, sayang-sayangan sama orang imajiner… Mending jomlo ke mana-mana deh… Kayak saya. Hahaha.

I am a proud jomlo WKWK

Setelah satu kasus muncul dan jadi bahan perbincangan khalayak ramai, mulai lah beberapa orang cerita juga tentang pengalaman mereka terjebak dalam hubungan dengan hode. Termasuk stand-up comedian, Fico. Ternyata, dia juga pernah mengalami hal serupa. Ceritanya bisa dibaca di blognya dia di sini.

Kebanyakan kasus seperti ini berawal dari difollow akun yang fotonya cakep atau cantik. Mulai mention-mentionan. Gak cukup mention, mulai pindah ke DM yang lebih private. Tambah nyaman ngobrol, mulai flirting. Tukeran pin BBM (dulu) atau no hp. Eh, tahu-tahu pacaran aja padahal belum pernah ketemuan. Selama pacaran, cuma chat dan telpon. Tiap kali diajak ketemu, adaaa aja alasannya biar gak ketemuan. Tapi herannya, gak ada yang curiga lho! Baru curiga ketika nemu foto ‘pacar’ di media sosial lain tapi dengan nama yang berbeda. Ketika hal itu terjadi, biasanya mereka sudah pacaran lumayan lama. Wagelagaseeeeh…

Saya gak bisa bayangin deh perasaan para korban pacaran sama hode itu. Awal pacaran seneng banget, terus ketahuan ternyata hode…. Sakit? Sakit pasti lah yah? Malu pun pasti. Yang tabah yah kalian para korban perasaan…

Sebenarnya nih, saya juga pernah diajak kenalan lewat sosial media begitu. *uhuk* pamer kalau masih ada yang ngajakin kenalan *uhuk* Tapi karena saya orangnya suka parno sendiri yah, saya gak bales itu pesan-pesan yang dikirim oleh orang-orang yang gak dikenal. Takut saya mah… Takut kalau kena tipu, takut diapa-apain. Apalagi kalau mereka pakai foto profil yang guanteng banget. Makin takut saya! Mana ada cowok ganteng asal ngajakin kenalan cewek ala kadarnya macem saya begini lewat sosial media? Apalagi saya gak pakai pelet, susuk, atau sejenisnya. Jadi gak mungkin ada cowok ganteng yang siwer terus ngajakin saya kenalan. Mustahil banget lah! Kalau ada cowok cakep ngajakin saya kenalan lewat sosial media, sudah bisa dipastikan itu akun palsu! Atau kalau gak nipu, dia mau nawarin jadi member MLM. WKWKWK.

Tapi kalau ada yang ngajakin kalian kenalan dan kalian kepingiiiin banget tahu lebih jauh tentang orang itu, ada baiknya melakukan penyelidikan singkat terlebih dahulu sebelum mulai bales pesan dari orang itu. Caranya gampang kok… kalian tinggal buka Google image dan unggah foto profil yang ngajakin kalian kenalan itu. Nanti kalian bisa menemukan siapa yang mengunggah foto itu ke internet pertama kali. Syukur-syukur yah yang mengunggah foto itu ke internet adalah orang yang sama dengan yang ngajakin kalian kenalan. Kalau bukan? Tinggal aja udah! Jelas nipu! Kalian gak perlu repot-repot ngeladeni orang seperti itu. Buang-buang waktu dan perasaan. Mending jomlo tapi hepi ajalah kayak saya begini. Hahahaha.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s