Let's Talk

Why do I blog

Beberapa waktu lalu saya gak sengaja menemukan tulisan di sebuah blog (yang saya sudah lupa yang namanya) tentang alasan si empunya blog mulai ngeblog. Tulisan itu bikin saya jadi mengingat-ingat lagi tentang alasan saya sendiri mulai ngeblog.

Kalau kalian lihat archive blog ini, jejak tulisan yang sudah saya buat hanya mulai dari tahun 2015. Tapi sebenarnya saya sudah mulai kenal blog sejak tahun 2008. Saat itu saya baru aja masuk kuliah dan saat itu buku karya Raditya Dika lagi naik daun banget. Buku Raditya Dika kan awalnya dari blognya dia kan… nah, gara-gara karyanya dia saya jadi tahu tentang blog dan kepingin coba-coba ngeblog. Sebelum mulai ngeblog, saya sudah suka nulis sih… terutama nulis di buku harian. Terus saya juga sering nulis cerpen dan fanfiction. Kalau diingat-ingat lagi, itu adalah masa-masa paling menyenangkan menurut saya. Hahaha.

Jadi, setelah saya tahu tentang blog dari Raditya Dika, saya mulai belajar ngeblog. Tapi karena pada saat itu (tahun 2008), yang namanya internet itu kan masih terbatas kan yak… kalau perlu internet, harus ke warnet dulu. Nah! Pada saat itu, warnet di daerah rumah saya yang enak itu agak jauh, sedangkan yang dekat itu gak banget. Lelet setengah mati. Selain itu, waktu saya mulai ngekost untuk kuliah di kota sebelah, warnet itu cuma satu. Itu di sebelah kost, tapi internetnya paraaah banget! Gara-gara kecepatan internet yang parah itu, saya menyerah untuk ngeblog. Saat itu. Padahal saya sudah sempet belajar masuk-masukin widget. Belajar HTML dikit-dikit. Agak sayang banget sih sebenernya. Tapi mau gimana lagi yah… gak ada fasilitas yang memadai sih…

Tahun 2009, internet mulai agak membaik. Warnet sudah mulai menjamur di sekitaran kost saya. Terus saya juga akhirnya punya laptop sendiri dan beli modem. Gara-gara itu saya jadi sering browsing-browsing dan akhirnya saya menemukan Tumblr! Tumblr itu web untuk ngeblog yang bisa dibilang All in. Semua ada. Mau theme yang lucu-lucu, banyak. Terus pengguna Tumblr juga banyak dan aktif. Jadi seru banget. Dari situ saya mulai main Tumblr. Mulai nulis-nulis di sana. Tapi setelah setahun, saya akhirnya berhenti. Alasannya saya lupa, pokoknya saya berhenti aja. Hahaha.

Sejak saat itu saya mulai bikin-hapus, bikin-hapus blog berkali-kali. Gak terhitung lah berapa kali saya bikn blog, jalanin beberapa bulan, terus hapus. Blog saya rata-rata hanya berumur enam bulanan, satu tahun paling lama. Kebanyakan sih alasannya karena bosan. Tapi gak jarang juga alasannya karena blog saya gak sekeren blog orang lain yang udah ada niche-nya. Udah bertema dan rapi banget. Apalah blog iseng-iseng saya kalau dibandingin sama blog-blog mereka. Hahaha. Okay, i know. Banding-bandingin blog sendiri dengan blog orang lain itu gak baik yah… tapi gak bisa juga kalau gak bandingin.

Dari tahun 2015, saya punya satu blog yang meskipun saya bosan, saya gak hapus. Sengaja ceritanya, biar saya gak perlu repot-repot bikin baru lagi kalau kepingin ngeblog lagi. Blog itu bertahan sampai 2017 awal. Ditahun 2017, saya berpikir kalau saya butuh web portofolio. Biar saya kelihatan seperti ilustrator yang kredibel hahaha. Saya bikin blog baru yang khusus ilustrasi. Ternyata gak mudah banget bikin blog yang khusus ilustrasi. Susah bok cari topik bertema ilustrasi biar bisa konsisten ngeblog. Mau bikin tutorial gambar, apalah saya ini… cuma ilustrator baru yang masih belajar juga. Gambar anatomi tubuh manusia aja masih gak becus… Blog itu pun hiatus…

Sampai akhirnya diakhir tahun 2017, saya kepingin lagi nulis di blog. Kangen gitu ngeblog. Hehehe. Tapi bener-bener pingin ngeblog yang ada niche-nya kayak orang-orang. Setelah mikir tentang niche… akhirnya saya memutuskan untuk merombak blog saya menjadi blog yang sekarang ini, ilustrator kere. Saya sengaja ambil niche yang bisa mencakup semua hal yang saya suka; buku, gambar, film, dan lain-lain.

Alasan lainnya adalah saya agak kesepian. Hahaha. Teman-teman saya itu kebanyakan gak sealiran sama saya. Contoh nih, kalau saya suka baca buku misteri, teman saya sukanya buku roman. Jadi gak bisa fangirling bareng-bareng. Makanya saya butuh tempat untuk membagi kesenangan saya. Selain beda aliran, teman-teman saya kebanyakan sudah pada sibuk mempersiapkan pernikahan. Grup LINE aja sepi banget. Tiap saya chat duluan, pasti jarang banget ada yang bales. Hayati sedih… Hayati merasa terlupakan… *drama*. Makanya supaya saya gak stress karena merasa terlupakan oleh teman-teman  yang pada sibuk menjalani dunia masing-masing, saya ngeblog aja. Kali aja kan yak dapat teman baru dari blog, syukur-syukur nanti dapat rezeki dari blog. AMIN. Hahaha.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s